Perkembangan Teknologi Komunikasi

Standard

– Ilmu Alamiah Dasar –

 

Nama : Miftahul Janah

NPM : 113024

Manajemen Bandar Udara

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang telah di berikan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Dalam makalah ini penulis membahas mengenai “Perkembangan teknologi komunikasi”.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

 

 

 

Penulis

 

Miftahul Janah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1                  Umum

Manusia termasuk dalam makhluk sosial karena pada kenyataannya manusia selalu membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup. Manusia selalu berhubungan dengan antar sesamanya. Hubungan tersebut bisa dinamakan dengan komunikasi. Maka pengertian media komunikasi dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk komunikasi. Pengertian media komunikasi ini sebagai alat bantu atau sarana yang digunakan untuk kelancaraan komunikasi. Oleh karena itu, manusia dapat mengadakan hubungan komunikasi dengan manusia lain tanpa bertemu, misalkan dengan berbicara dengan manusia yang lainnya (Soerjono, 1982: 58). Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku (Rochajat, 2011:20). Komunikasi dapat berlangsung dari mana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

1.2  Tujuan penulisan

1.  Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

2.  Meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa atas kebesaran-Nya.

3. Memperdalam materi tentang perkembangan teknologi komunikasi.

1.3  Rumusan masalah

1.  Bagaimana perkembangan teknologi komunikasi ?

2.  Aspek apa saja yang berpengaruh dari perkembangan teknologi komunikasi ?

3. Bagaimana cara mengahadapi perkembangan teknologi komunikasi?

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

  1. 1.       Sejarah Teknologi Komunikasi

 

Teknologi Komunikasi diawali sejarah manusia seperti ditemukannya bahasa lisan dan bahasa tulisan dalam bentuk photographs yang ditulis pada dinding gua-gua. Menurut Alvin Toffler, tiga gelombang peradaban manusia terdiri dari era pertanian, industri dan era informasi / komunikasi :

 

  1. Gelombang pertama (800 SM-1500 M) adalah gelombang pembaruan dimana manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian yaitu manusia berubah dari kebiasaan berpindah-pindah yang menetap disatu tempat.
  2. Gelombang kedua (1500 M-1970 M) adalah masyarakat industri, sebagai “manusia ekonomis”  yang rakus yang baru lahir dari Renaissance (pencerahan di Eropa).
  3.  Gelombang ketiga (1970-2000 M) adalah masyarakat informasi dengan ciri-ciri: Kelangkaan bahan bakar fosil, kembali ke energi yang dapat diperbaharui, Proses produksi yang cenderung menjadi produksi massa yang terkonsentrasi, Terjadinya deurbanisasi dan globalisasi karena kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

 

Era Komunikasi dan Informasi masa puncaknya era komunikasi dan informasi akan segera tercapai 10-20 tahun kedepan. (Open Society) Struktur Masyarakat Terbuka/umumnya para anggota masyarakat berusaha dan bekerja keras untuk menaikkan statusnya didalam masyarakat. Mereka bersaing dan bekerjasama untuk dapat naik ke lapisan atas berikutnya sesuai dengan sistem kompetisi dan korporasi yang sudah dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

 

Tidak ada seorangpun didunia ini yang bisa melepaskan diri dari komunikasi. Bahkan dalam keadaan diam pun, tanpa kita sadari kita mengkomunikasikan sesuatu dari berbagai macam hal, bisa saja dari sikap tubuh, mimic wajah, helaan nafas, baju yang dikenakan, atau apapun itu. Terkadang, sepintar apapun sebuah pemikiran, sejenius apapun ide dalam memecahkan suatu masalah, akan menjadi sia-sia jika tidak mampu menyampaikannya dengan baik. Begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan manusia meliputi aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya, termasuk teknologinya.

 

  1. 2.       Pengaruh Teknologi Komunikasi Ditinjau Dari Berbagai Aspek

 

  1. Aspek Ekonomi

Menggunakan handphone untuk melancarkan transaksi ekonomi. Itu hal yang sudah biasa dilakukan hampir semua orang didunia. Tetapi penggunaan smartphone dan pc tablet seperti Ipad mempunyai banyak pengaruh. Pengaruh perkembangan teknologi yang sudah demikian maju ini membuat orang-orang kini memiliki kantor pribadinya sendiri-sendiri. Hanya dengan bermodalkan dari smartphone seperti  BB atau Android yang dapat melakukan segalanya, ibarat memiliki kantor sendiri. Ingin promosi, ada jejaring sosial yang bisa diakses 24 jam lewat gadget. Mau transaksi pembayaran, ada fasilitas e-banking yang tersedia disetiap bank. Mau mencari informasi atau peluang bisnis, sudah dapat terkoneksi dengan internet tanpa henti dengan smartphone yang dimiliki.

 

  1. Aspek Politik

Pemanfaatan yang paling dekat dengan kehidupan politik tentu saja teknologi penghitungan suara “quick count”. Dengan sistematika penghitungan yang terkoordinasi, hasil bayangan penghitungan ratusan juta suara itu bisa dilihat dan diprediksi dalam waktu relative cepat. Yang kedua adalah penggunaan teknologi real time video conference dimana pertemuan atau rapat bisa dilangsungkan ditempat dan waktu yang berbeda, dengan menggunakan teknologi video camera. Teknologi ini seharusnya bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat politik negara. Namun entah karena alasan apa, penggunaan teknologi ini tidak dapat dimaksimalkan.

 

  1. Aspek Sosial dan Budaya

Dalam kehidupan sosial, Tidak perlu diragukan dampaknya, bahkan perkembangan teknologi telah merasuk dalam ranah budaya. Budaya masyarakat yang tadinya beramah tamah, basa-basi, dan lain-lain mendadak berubah setelah mengenal teknologi seperti jejaring sosial : Blog, facebook, twitter, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan segala kemudahan dari smartphone seperti BB dan Android. Hal tersebut membuat anak-anak atau bahkan sebagian orang dewasa menjadi acuh dengan lingkungan sekitar (karena sibuk dengan gadget-nya). Perubahan budaya membaca juga telah berubah menjadi budaya online, dimana online atau surfing internet menjadi suatu keharusan minimal beberapa jam dalam sehari.

 

  1. 3.       Dampak dari perkembangan media komunikasi

 

Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Setiap orang memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun di dunia ini. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang berkembang.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.

Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang yaitu :

1.            Bidang Informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

  • Lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  • Dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
  • Mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
  • Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
  • Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
  • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  •  Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya.
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar.
  • Kurangnya ruang privasi.

2.            Bidang Pendidikan

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

 

  1.  Pada Kebudayaan

 

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

 

Teknologi komunikasi dapat mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya. jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya. Orang itu akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan seorang teman atau kenalan yang ada di dunia maya itu. Bahkan bisa saja melupakan aktifitas yang harus dijalaninya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, akan memunculkan masalah terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah yang ada di bangsa kita sendiri.

Memang dengan berkembangnya teknologi ini kita bisa belajar hal-hal positif yaitu mencari informasi yang ada dan yang kita butuhkan. Seperti dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dari negara lain. tetapi perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif. Dampak negatifnya saya akan memberi contoh dari kalangan remaja Indonesia di mana para remaja cenderung meniru kebudayaan dari negara lain. Misalnya pada akhir-akhir ini remaja cenderung sangat menyukai kebudayaan dari Korea bahkan para remaja sangat mengerti betul seluk beluk dari kebudayaan tersebut mulai dari makanan tradisional, tari-tarian tradisional hingga sejarah dari negara tersebut. Bahkan kebanyakan dari mereka lebih mengenal tokoh-tokoh penting di negara tersebut di banding tokoh-tokoh penting yang ada di negaranya sendiri. Jika pengaruh-pengaruh tersebut dibiarkan, Moral generasi bangsa menjadi rusak, selain itu rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat menjadi berkurang. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing.

Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang  ada saat ini. Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi komunikasi ini yang dapat membantu dan mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. selain memberikan kebebasan untuk mengakses informasi sebanyak-banyaknya akan tetapi tetap ada ruang bagi masyarakat untuk melakukan pilihan-pilihan secara selektif sesuai kepentingan kebutuhan masyarakat. Disinilah peran semua pihak untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang negatif pada perkembangan teknologi pada saat ini.

Agar dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dengan benar maka :

1.     Gunakan teknologi yang dikuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata.

2.    Jika ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah gathering.

3.        Harus pintar memilah-milah yang mana informasi yang baik dan yang buruk.

4.        Harus kritis dalam menerima dan memberikan informasi.

5.        Gunakan teknologi sesuai dengan kadar pemakaiannya saja, sehingga tidak terlarut dalam hal-hal yang serba mudah dan cepat.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Perlunya Sebuah Peta

Standard
peta

peta

 

Kali ini, mau berbagi cerita tentang perlunya sebuah peta.. hehehhe oke.. let’s read^^

Suatu hari, para eksekutif muda Skotlandia  pergi berlibur ke pinggir hutan. Mereka berlima sepakat untuk berlibur tanpa keluarga ke tempat yang tenang, sejuk, dan hijau. Dengan asik mereka bercengkrama. Sesekali saling menertawakan betapa bodohnya mereka saat-saat di kantor atau mereka saling ejek atas perilaku lucu mereka terhadap teman-temannya. yang jelas, tampak keceriaan di wajah kelima eksekutif muda itu. Namun, tiba-tiba cuaca menjadi gelap. Angin yang semula sepoi-sepoi berubah menjadi semakin keras. Bahkan, suara guntur diselingi kilat yang menyambar, mulai memekakkan telinga. Titik-titik air hujan mulai turun dan perlahan – lahan berubah menjadi deras.

Tak ayal mereka berebutan mencari tempat berteduh. Mulanya mereka mengambil tempat dibawah pohon besar dekat mereka. Namun, tampaknya tidak cukup untuk berlindung dari hujan yang cukup deras di pohon itu. Mereka pun mulai berlarian mencari tempat berlindung yang lebih baik.

Salah seorang dari eksekutif muda itu “yang paling berani” menemukan gua di tengah hutan dan mengajak para sahabatnya untuk masuk ke gua. Setelah yakin bahwa gua itu aman dari binatang buas atau ular, maka masuklah mereka berlima ke dalam gua itu untuk berteduh.

Hujan turun semakin deras. Mereka pun semakin masuk kedalam gua yang semakin gelap. Mendadak terdengar suara gemuruh. Tiba-tiba pintu gua yang tadinya terbuka lebar tertutup bongkahan batu besar. Dengan terkejut mereka kembali mendekati pintu gua dan berusaha mendorong bongkahan batu keluar. Bersusah payah mereka berupaya membuka pintu gua itu. Nampaknya bongkahan batu besar itu memang terlalu besar untuk dapat didorong oleh tenaga mereka berlima. jangankan terbuka, sedikit pun batu besar itu tidak tergeser.

Semangat untuk membuka pintu gua akhirnya padam. Mereka mencari akal untuk melihat ke dalam gua lebih jauh. Barangkali saja mereka menemukan pintu gua di sisi lainnya. Eksekutif muda ini mulai berpencar dan mencoba mencari jalan keluar. Meski telah dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berpencar ke segala arah, namun usaha ini pun gagal.

Berbagai cara lain yang terpikirkan pun terus diupayakan. tetap saja, pintu gua tidak terbuka dan jalan keluar lain juga tidak ditemukan. Akhirnya mereka berkumpul di tengah kelelahan. Mulanya mereka masih mendiskusikan upaya-upaya mencari jalan keluar. Lama-kelamaan mereka mulai saling menyalahkan. Mengapa harus berteduh dalam gua ini . Ada yang mempertanyakan mengapa berlibur ke pinggir hutan. Suasana tidak hanya menjadi suram dan menyedihkan, tapi juga menyiratkan keputus asaan.

Ditengah keputusasaan itu, salah seorang eksekutif muda yang pemberani tiba-tiba berteriak. “lihat, lihat kemari ! ” serunya. ” aku memiliki peta gua ini,” katanya sambil memperlihatkan kertas seperti peta yang ada di tangannya. Dengan penuh keyakinan pemuda ini menunjukan peta yang di pegangnya kepada keempat kawannya yan lain.

Suasana pun menjadi ramai. ” Mana, mana aku mau lihat ! ” kata pemuda penakut yang sejak tadi hanya menangis. ” sudah, yang penting mari kita baca peta itu,” sambut pemuda yang lain. Mereka berkerumun melihat peta yang ada di tangan si pemberani.

Beberapa saat kemudian, mereka berdiskusi berusaha menafsirkan peta yang ada. Dengan keyakinan kuat mereka mulai menelusuri petunjuk dalam peta itu. para eksekutif muda itu berjalan perlahan-lahan dengan keyakinan yang mantap dan perasaan gembira mengikuti arah peta. Dengan beberapa kali kesalahan dan langkah-langkah memutar, akhirnya mereka menemukan pintu lain dari gua itu. Udara di luarpun sudah terang dan huna telah berhenti.

Dengan gembira mereka mengangkat beramai-ramai si pemilik peta. Beruntunglah mereka. Coba kalau si Pemberani tidak memiliki peta itu, niscaya mereka akan terkurung dalam gua dan mati kelaparn. Semakin mereka mengingat keadaan mereka di dalam gua semakin gembiralah mereka.

Si pemilik peta tiba-tiba tergerak melihat kembali peta yang tadi mereka gunakan. Ia terkejut, karena peta itu, ketika dibaca di luar gua yang terang, hanyalah foto keluarganya yang basah terkena air hujan, sehingga tampak sebuah peta. Itu bukan peta, hanya foto yang basah dan luntur yang terlihat seperti peta. Ketika si pemberani menunjukkan foto itu kepada keempat kawannya, mereka semua tertegun bingung. Mereka termenung lama. Meski akhirnya tetap pulan dengan bergembira.~

Sengaja aku nge-share cerita ini. Cerita ini aku ambil dari salah satu cerita dari buku kesukaan aku yang di karang oleh DR. Mulyanto dalam buku “kisah-kisah teladan untuk keluarga”. Nah dari cerita ini, sebenarnya manfaat yang dapat di ambil itu adalah belajar untuk yakin! dengan mempunyai keyakinan hal sesulit apapun dapat kita lalui dengan baik^^

Tips vacation

Standard
candi borobudur

candi borobudur

nah.. karena kemarin abis move ke borobudur, prambanan dan lain-lain.. aku kasih tips nih buat kamu-kamu yang mau vacation kesana atau tempat-tempat liburan lainnya..

1. Baju. kalau jalan-jalan tentunya pakai pakaian yang santai aja ga perlu resmi,,^^ jadi pakai aja baju yang berbahan penyerap keringat tinggi seperti t-shirt.. boleh kok pakai dress tapi dress yang untuk jalan-jalan santai yah jangan yang mau ala ke pesta gityu,, nanti kamu sendiri yang ribet dan saltum juga sih^^

2. Tas. namanya juga jalan-jalan jadi jangan memperibetkan hal-hal yang seharusnya simple.. contohnya tas pakai aja tas yang nyaman sama kamu, tas tangan yang simple atau back pack gitu.. ransel lah.. kalau kamu pakai tas tangan yang emang ngikutin postur badan kamu dan sehati sama tangan kamu soalnya dari pada ribet bawanya,,

3. Sepatu.. pakai sepatu kets juga oke,, selain bisa buat lari-larian, terhindar dari kepanasan, enak buat jalan,, kalau menurut aku nih yah sebagai cewe pasti mau tampil cantikkan yah don’t worry honey.. kamu ga perlu ribet pakai wedges atau hak tinggi lainnya.. iya sih ex : wedges itu terlihat kamu lebih tinggi, berbadan profesional, dan modis serta menampilkan aura kecantikan kamu.. but, you look beautiful if you think beautiful. asal kamu nyaman yah pakai aja tapi, kalau cuma mau terlihat (gaya) yang ada malah dikira mau ke catwalk lagi hahhaha.. sebagai perempuan aku juga pakai wedges kok cuma tergantung tempat aja say.. nah kalau kamu jalan-jalan. misalnya yang berbukit atau dataran tinggi.. i guess don’t wear wedges.. soalnya nanti kamu kecapean say.. yang ada nanti malah pegal sendiri ga seru dong kalau sebentar2 duduk. hehehe.. pakai aja sendal teplek / sepatu teplek yang sesuai baju atau berbentuk lucu,, itu akan membuatmu terlihat menarik juga kok^^

4. Lihat keadaan. nah maksudnya kalau daerah yang akan kamu kunjungi ini daerah yang panas.. kamu bawa aja sunglasses biar mata kamu ga silau karana sinar matahari,, bawa payung juga biar kamu tidak kepanasan. apalagi yang daerahnya emang bersahabat dengan hujan.. wah penting tuh bawa payung.

5. Bawa air putih. biar kamu ga kehausan dong^^ ga lucu kan di tempat rekreasi sibuk cari minum..

6. Peta. hahahhaha jaman sekarang pakai peta kan ada google maps, ada GPS masih jaman sob? hello.. iya dong peta itu penting untuk kamu yang tidak tahu atau kurang tahu daerah tempat liburan kamu.. oke teknologi udah canggih but, sewaktu-waktu ada masalah yah manual lah yang ga kalah better hahahha.. dalam dunia penerbangan peta itu penting loh, untuk FOO, untuk pilot tanpa peta gimana mau tau fuell atau destinasinya.. nah apalagi kamuyang ga tau daerahnya.. buat jaga-jaga bawalah si peta..

7.  Kamera. wah penting banget bawa kamera.. kan untuk mengabadikan kenangan so sweet kamu.. hahahha buat kamu-kamu yang narsis bawa deh kamera.. *tenang gue juga narsis sob hahaha

8. Kamus.  kalau kamu pergi ke luar negeri,, bawa kamus deh.. mau kamus berbentuk buku atau kamus elektronik.. pokoknya bawa ! sewaktu-waktu pasti berguna.

9. Notes. kamu harus punya catatan-catatan penting misalnya nomer kendaraan, kalau sewaktu-waktu kamu nyasar kamu tinggal telepon kendaraan misalnya taxi.. jadi kamu bisa langsung move dari tempat kamu yang kesasar itu.

10. Uang. bawa uang deh uang yang receh-receh juga gapapa dari pada cuma bawa atm takutnya kalau tempat yang kamu kunjungi ga ada atm nah loh,, ribet cari atm dulu..

yah mungkin itu aja tips untuk yang mau berlibur.. wehehehhe happy holiday guys..

vacation in Semarang and Yogyakarta part 3

Standard

Hy.. i’m back ^^

kraton

kraton

lanjut ceritanya yah..

nah.. waktu aku sama teman-teman asik liat nih ternyata banyak loh bule yang nonton.. dan hampir rata-rata bule itu menyaksikannya sampai habis.. beda dengan kita yang orang dalam negeri cuma liat sekilas, foto terus ninggalin.. yah ambil pikiran positif mungkin orang kitanya (orang dalam negeri) udah hapal lagu-lagu tersebut dan sudah sering menikmati kebudayaan khas sendiri kalau bule-bule itu kan jarang malah ada yang belum pernah makanya dia berlama-lama menyaksikan hal tersebut..

buat ku Indonesia sangat kental dengan budayanya.. kebudayaan yang khas, yang memiliki ciri tersendiri inilah yang membuatku betah berlama-lama di kraton ini.. rekomendasiku kalau mau kejogja jangan lupa mampir ke kraton.. karena kebudayaan indonesia ga kalah menarik kok di banding kebudayaan luar hahahha *jiwa nasionalismenya lagi keluar nih sob^^

2013-01-20 10.21.43

nah ini keretanya sultan,, aku lupa namanya hehehhe maaf yah.. keretanya bagus yah,, kereta ini di pakai ketika ada perayaan-perayaan gitu.. *untuk lebih jelasnya kalian bisa googling kok,,hehhe maaf informasi dari saya kurang  jelas..^^v oia disini yang paling aku suka ngeliat bapak-bapak yang ngejagain kece loh bajunya warna pink.. because i  love pink  hahhaha

bapaknya pakai baju pink hohoho~

bapaknya pakai baju pink hohoho~

Setelah itu move ke benteng vredeburg *semoga nulisnya ga salah.. nah masuk ke benteng ini murah meriah tapi penuh ilmu merekah.. hahahah cukup ngeluarin uang Rp 2.000 bisa masuk deh.. nah benteng ini bagus deh kelihatan dari luar gedung seperti jaman dulu gitu tapi eitss jangan kaget *padahal gue yang kaget pas masuk ke dalam.. modern abis^^ mata kita bisa bermanja-manja ngeliat foto-foto, ngeliat  sejarahnya kota Jogja^^ di dalam bangunan benteng ini seperti museum di monas  sama bagusnya, sama nyamannya dan sama nambah ilmunya^^ banyak anak muda hangout disini nah yang mau jadi anak gaul jogja benteng inilah salah satu tempat yang wajib di kunjungi *itu kata temen gue sob hahahaha..  nah di benteng ini di bagi beberapa ruangan seperti ruang perkenalan, diorama 1,2,3,4 dan seterusnya.. ada bangunan yang cocok buat foto-foto buku BTS ala anak SMA gityuuu..  buat prewedding juga oke hehhhe..

Next, dari benteng vredenburg move ke candi prambanan. asik-asik kali ini kita naik bis trans jogja, cukup mengeluarkan Rp.3000 aja. beda tipis yah sama bis trans jekardah beda 500 perak hahahha..

candi prambanan

candi prambanan

Nah…

sampai di halte terakhir.. naik andong deh (delman) kalau naik andong harus berani sama kudanya yah ! bayar andong Rp.20.000 dan sampai deh ke candi prambanan,  bayar tiket masuknya sama kok seperti masuk ke candi borobudur Rp.30.000 nah bedanya tak perlu naik kereta jalan kaki aja deket kok.. ^^ sama seperti di kraton jogja masuk ke prambanan mendapati suara-suara merdu lagu-lagu khas jogja,, wah berasa banget deh so sweet (hug prambanan) . nah masuk ke prambanan ramai banget tuh rata-rata pengunjung dari luar negeri dan ada juga  rombongan tour gitu. but, don’t worry keep happy prambanan luas sob ^^ muat kok kalau kamu mau kesana hahahha waktu aku datang sekitar jam 2 siang.. oia prambanan tutup jam 5 loh yah hahhahaha jadi datengnya jangan jam 4 atau jam setengah 5 ga puas nanti disana.. ini ciyus loh! (alay iuuuh) …

pakai helm

pakai helm

karena semenjak kejadian gunung merapi meletus, ada bagian-bagian dari candi prambanan yang  di perbaiki.  agak sedih juga banyak patung-patung yang hilang tangannya,  hilang kepalanya atau tubuhnya dan lem perekat disini pun masih terasa lengketnya.. karena kejadian tersebut untuk masuk kedalam candi yang paling besar harus memakai helm.. nah kapasitas pengunjungnya pun maksimal hanya 50 orang.. dengan menggunakan helm yang bergantian dengan pengunjung lain,, waktu berkunjung kesini pun maksimal hanya 15 menit karena itu dia.. gantian sama pengunjung lain.

puas di dalam candi.. iseng-iseng main di luar candi^^ 2013-01-20 15.15.40 actually.. aku betah di sini^^

oh iya sambil keluar mampir ke museum dulu. pas masuk ke dalam museum aroma melatinya kuat banget.. ^^ and then2013-01-20 15.15.20

 main ayunan deh di kawasan prambanan hihihihi udah lama ga main ayunan *remember

main ayunan

main ayunan

berasa lengkap rasanya main-main sambil menikmati pemandangan alam yang indah.. dan mengingat masa kanak-kanak main ayunan terus.. sekitar jam setengah 5 udah sore juga jadi mau pulang aja . jalan keluar melewati pasar, di pasar daerah prambanan ini barang-baranganya bagus dan murah-murah syok liat tas lucu dengan harga 15.000 biasanya kalau di jakarta di jual 50.000😄 padahal kualitas dan kuantitasnya sama. nah loh pengen beli deh wkwkkw.. but i’m not buy hahhaha.. keluar prambanan naik andong lagi  bayar 20.000 akhirnya sampai deh ke halte trans jogja.. kalau halte di sini tempatnya kecil. yah wajar karena trans jogjanya kecil dan para penumpangnya pun ga membludak seperti di jekardah.. tapi, pelayanan dari para petugas disini sama kok baik, ramah dan penuh tanggung jawab^^ rutenya kami dari prambanan move ke malioboro tak perlu transit duduk saja yang manis nikmati jalanan lalu sampai deh wehehehhe.. di malioboro sekitar jam 6.. wah otak sama hati sama-sama satu pikiran >>> makan hehehe dari kraton, ke benteng vredenburg dan prambanan mengingat dari tadi belum makan  sama sekali pantes aja sampai malioboro si perut udah nyinden hahahha.. akhirnya mampir  ke malioboro mall.. cari yang praktis makanan fast food aja. udah puas makan pulang lah saya bersama teman-teman hahahhaha.. yah selesai deh sampai disini perjalanan liburan aku.. emm besok harinya pulang dengan menaiki kereta bisnis menuju jekardah berhenti di pasar senen.. ^^ -tamat-

but, walau tamat kenangan tidak pernah tamat loh hehhehehe.. ini cerita liburanku^^ not bad,   very happy.. see you on next vacation^^ muah :*

na neun~

na neun~

Vacation in Semarang and Yogyakarta part 2

Standard
na neun~

na neun~

Hello.. ini edisi ke dua dari vacation semarang and yogyakarta.. hahahha oke aku lanjut yah cincah^^

Sesampainya di borobudur.. beuuh nanas banget *baca panas kulit serasa di bakar makanya liat foto aku yang di atas kan wkwkkwk itu bukan karena gaya kok,, lebih tepatnya di karenakan panasnya disana yang W-A-W

Jadi, dari pada kepala pusing, penglihatan ga jelas dan ngeluh-ngeluh ga penting lebih baik pakai payung + kaca mata hitam,, nah berguna banget deh tuh bawa barang unyu-unyu ini hehhehe..  and untuk pertama kalinya ngeliat borobudur dengan jelas ga lewat TV atau media lain wehehhee.. *norak yah

Tapi serius seneng deh dateng kesana.. ada rasa bangga sendiri, soalnya selama ini kan cuma bisa liat di tv, di buku pelajaran eh.. jeng jeng.. liat aslinya deh bener-bener sejarahnya terasa. Tapi, kalau kata nyokap sejarahnya udah berasa berkurang mungkin efek gunung merapi yang meletus waktu sekitar tahun 2010 kali.. yah maybe, this is just opinion ..

Udah sampai puncak paling atas kata petugas sana.. “hati-hati dikit lagi ujan” yah.. kan baru naik belum ada 20 menit masa udah ujan aja.. yah biar aja deh ujan yang penting bisa liat-liat di atas. Dan 3 menit kemudian byuuurrrr hujannya deras banget. sontak para pengunjung turun termasuk aku, petir jegar-jeger pula.. wahh bersyukur udah pakai payung jadi aman lah ga basah-basah banget,tapi payung serasa mau melayang-layang ngikutin arah angin,, nah kocaknya waktu aku dan para pengunjung lain mau turun kan sempit tuh tangganya jadi desek-desekan.. mana yang bawah ga mau jalan haduh ga kasian sama yang di atas udah cicit-cuit marah-marah.. yah wajar sih marah-marah namanya juga hujannya deras belum petirnya serem.. sebagai manusia yang tidak memiliki kekuatan super yah pasti takut kesamber petir lah..

karena cicit-cuitnya makin keras,, akhirnya orang-orang yang ditangga bawah turun deh jalan,, mereka dengan senang hati mandi hujan hahahhha engga deh itu karena terpaksa dari pada tambah di cicit cuitin mau ga mau mereka yang di tangga bawah pada rela main ujan-ujanan.. emmm kenapa mereka ga nyewa payung aja yah.. kan demi kesehatan mereka juga,, but, i don’t know.. okeh pas aku udah di tangga terakhir  baru ngerti kenapa mereka yang tadi ga jalan-jalan. karena ada 3 orang bule yang maybe takut kebasahan jadinya neduh.. ohh, jadi karena jalannya di halangin sama bule-bule ini toh,,,, ciiaaaaatttt yah wajar lah si bule ga ngerti bahasa indonesia ga ngerti maunya orang-orang disekitar kayak apa.. hadeeuuuhh.. nah pelajarannya adalah pentingnya belajar bahasa supaya kalau ada kejadian kayak gini bisa ngerti eits dan juga harus peka yah sama keadaan^^

oke habis itu aku sama yang lain milih pulang aja.. pas pulang ngelewatin tempat belanja yaudah karena ade aku nitip blangkon aku beliin aja blangkon murah kok bisa di tawar pula^^ aku beli sih harganya RP. 27.000 hehehe nah terus aku ngeliat mainan dari kayu yang bisa di susun-susun itu loh hehhehe.. yo wes ta’ beli hihhihihihi

mainan

mainan

 

sambil beli,, sambil main-main deh hehehhehe.. temanku beli kain.. harganya juga murah terus dianya berani nawar pula dari 35.000 jadi 15.000 wew.. jago banget nawar.. next jalan-jalannya masih berlanjut hahahaha.. abis dari borobudur aku sama yang lain move ke taman pelangi.. wha bagusnya,, disini banyak  lampion-lampion yang macam-macam bentuk ada yang berbentuk binatang, hati, tokoh animasi, tokoh presiden pun ada,, nah bayar masuknya cuma Rp. 15.000 aja + parkir Rp 5.000.. aku datang sekitar jam setengah 4.. seru sampai sana udah ga hujan jadi bisa langsung jalan-jalan cuci mata liat lampu yang unyu-unyu hehehhe..

ciluk baaa..

ciluk baaa..

aku suka sama hello kitty dan taadaaa.. disini banyak lampu hello kitty-nya sepanjang jalan ada whehehehe..  emang disini tempat yang enak buat nongkrong-nongkrong banyak loh ibu-ibu arisan yang duduk-duduk di pinggiran taman sambil ngocok arisan hahahhaha ada yang main sepeda bareng teman, ada yang kumpul2 keluarga,bahkan ada juga kok yang lagi asik berduaan hahahha.. itu sih hak mereka deh yaa hihhihihi.. intinya kalau kesini enaknya malem biar lampu-lampunya makin kelhatan dan makin gemes liat lampu lucu^^2013-01-19 18.06.15

terus setelah puas di taman pelangi.. move ke alkid.. (alun-alun kidul) nah disini ngelewati  antara dua pohon itu *okeh yang udah pernah kesini pasti tau.. and voiiillaaa aku berhasil ngelewatin antara dua pohon tersebut hehhehe.. yah semoga aja keinginan bisa tercapai wkwkkw.. nah ngelewatin dua pohon tersebut matanya harus di tutup biar seru.. kalau ga ada penutup mata bisa sewa kok harganya 4000 cari aja di pinggiran alkid pasti ada.. ke alkid serunya malem karena disini juga ada sepeda yang di hias-hias lampu warna-warni plus di kasih efek suara makin indah deh sepeda-sepedanya.. sekitar jam 8 malam byuurr yang hujan turun lagi di bawah payung hitam ku berdiri *aihh bohong ga pakai payung cuma langsung lari ke mobil wehehehehe.. niatnya sih mau ke malioboro tapi sayang oh sayang hujan makin deras,, jadi pulang deh malam minggu ini di temani hujan ^^

jreng-jreng di minggu pagi yang cerah karena malamnya gundah *ape seh.. capcus again so, go to keraton jogja^^ dari taman siswa ke keraton asik tuh naik becak murah 20.000 aje sampe deh di depan keraton masuk ke kraton bayar Rp. 5.000 and just to know langsung disambut suara gamelan dan sinden-sinden yang nyanyi boso jowo,,emm enak tenan hahahhaa bagus suaranya kerasa banget khas kratonnya..

hufft sorry guys i must to go (again) see you on next part.. i promise to come back ^^v byeee

vacation in Semarang and Yogyakarta part 1

Standard
vacation ^^

vacation ^^

Hello.. i’m back wehehehhe

In this time i will share my vacation.. hihhihii~

Actually aku pergi ke Semarang karena mau mengurus sebuah tugas  negara yang bersifat rahasia ,, hehehe engga kok aku ke semarang mau urus surat keterangan magang di bandara yang ada di kota Semarang^^

airport

airport

nah karena pernah jadi anak gaul Semarang *bohong

jadi sekalian aja nostalgia di sana. tahun lalu pernah nge-kos di semarang ga lama sih cuma 2 bulan jadi abis dari bandara langsung move ke kos-an.. asli kangen banget sama kos-an,, nothing special in my boarding house but, i don’t know.. I feel comfortable in this place

my boarding house

my boarding house

and when i get there.. kos-an sepi banget bapak sama ibu kos ga ada.. ya sekitar jam 4.. yah biasanya mereka berdua lagi ada pengajian di masjid well, kita nunggu.. 30 menit kemudian bapak kos datang dengan sepedanya..

selama nge-kos disana bapak kos tuh ga pernah marah.. komentar yang aneh2 pun juga engga sabar banget.. pengertian pula, dan setiap sore emang jadwal aku sama bapak kos-an ngedengerin lagu jowo wkwkwk kata bapak kos biar aku bisa bosa jowo, lagu2 yang di putar emang enak sih sambil nunggu buka puasa waktu itu, kalau engga pas aku lagi nyetrika baju di tempat setrika hahahha *biasa anak kos-an

tata tertib penghuni kos

tata tertib penghuni kos

liat nomor 1. pintu utama di tutup jam 8 malam  nah kalau aku sama anak2 lagi pergi biasanya / keseringan sih jam 22.oo baru pulang hahahhaha parah emang.. tapi, bapak kos tetep aja bukain pintu .. ga ada kata2 yang keluar dari mulutnya yang menyinggung / menyindir.. harusnya kan,, besok jangan di ulangin yah, atau kok malem banget kemana dulu sih.. atau ya ampun pergi mulu inget jam kaleee..

harusnya sih seperti itu tapi yang keluar dari mulutnya cuma ” sudah jalan-jalannya? sambil senyum ” dan kita semua kompak.. iyaaaa pakkk terus cengengesan *plakk dasar

oke kembali ke pembicaraan awal 30 menit kemudian barulah ibu kos pulang dan,, she  was surprised when she saw us.. omona~ matanya merah,,

ibu kos sempat bilang sama bapak kos  dia kangen sama anak-anak yang dari jakarta.. and now taadaaa.. we’re here hehhehe makanya ibu kosnya sedih matanya sampai merah feelingnya kuat juga yah hahahaha

na neun dan ibu kos ^^

na neun dan ibu kos ^^

okeh setelah itu ngobrol2 deh sama ibu kos, bapak kos dan temen2 yang dulu pernah ngekos bareng..  udah jam 6 pamit dan kita lanjut ke simpang lima..

simpang lima hampir sama kaya monas mungkin yah,, bedanya ga ada tugu monasnya hahahha..  bukan deh -_-  yah mungkin yang pernah ke semarang atau orang semarangnya ngerti deh yah..

simpang lima taman yang ada di tengah kota.. tempatnya buat bersantai2 ria.. kayak taman surapati mungkin hahahha entah

simpang lima

simpang lima

abis dari simpang lima makan bakso deh di kawasan simpang lima,,

makan baksoo

makan baksoo

hehhehe udah gitu cuss ke paragon,, nah waktu tahun 2012 lalu pas kita ngekos pengen nonton di paragon cuma ga pernah sempet.. soalnya abis magang cape jadi cuma di kosan aja,, al hasil sekarang deh baru keturutan nonton di sana hahhaa iya emang norak kok,, *gue tau apa yang ada di pikiran lo! wehehehehe.. ternyata enak juga sound effectnya bagus.. nyaman, luas yah oke deh.. acnya juga mantab..😄 *asli norak..

selesai,, dari nonton ternyata udah jam 22.00 tuh kan pasti jam segitu lagi hahaha,, yah udah pulang deh.. nah besok harinya aku sakit jadi ga kemana-mana cuma berdiam diri di rumah budenya temen.,. cuma  teman2 aja yang jalan-jalan.. sore harinya berangkat deh ke jogja sekitar jam 3 berangkat dari pull travelnya murah lagi bayarnya cuma Rp 50.000 doang.. sampai deh ke jogja^^

sesampainya di jogja sekitar jam 6 sore.. karena rumah bude akunya di daerah tamsis (taman siswa) jadi lanjut lagi naik taxi dari travel tadi.. bete nya adalah ke taman siswa persisnya kerumah bude aku itu deket yah.. tapi bayarnya masya allah seharga semarang-jogja.. eiitss bukan pelit! tapi si taxi sengaja karena kita pendatang jadi di mahalin,, itu kata bude aku harusnya cuma bayar 20.000 kok,, *maklum lah perjalanan liburan kali ini harus menghemat uang hahahahha.. *engga deh padahal emang kitanya aja yang doyan jajan makanya jajan di gedein bayar perjalanan di murahin wehehehehe.. *biasa anak muda *hayoo ngaku..  oke sampai rumah bude.. istirahat dan besok paginya udah capcus lagi..

pagi harinya kita dapet travel seharga 375.000 itu udah plus driver sama BBM sih.. waktunya 12 jam.. dan berangkat lah kita jam 11 siang sampai borobudur jam 12.30 kalau kata drivernya, itu karena sempat macet.. harusnya sih 1 jam udah sampai borobudur.. yah gapapa yang penting sampai borobudur weheeeehehehhe ..

tukang pijat

tukang pijat

sipp masuk borobudur Rp.30.000 nah dapet tiket + dapet air minum juga.. oia masuk ke borobudur ga boleh bawa makanan alhasil makanan temanku lenyap.. actually makanannya bisa kok di titipin^^ dan untuk sampai borobudurnya kita sengaja naik kereta biar irit tenaga dulu hahahhaha harga tiket keretanya Rp.7.5oo

di kereta

di kereta

oke i must to go.. i will be back guys.. see you let’s read the next part.. bye muahh :*

Biasa~

Standard

Untukmu itu hal yang biasa tapi, untukku itu adalah hal yang luar biasa..

Pernahkah kamu berfikir,,,?
Pernahkah kamu mengingat,,?
Pernahkah kamu merasa,,?

Apa kamu pernah berfikir apa yang telah kamu lakukan adalah suatu tindakan yang benar? Atau tindakan yang salah?
Apa kamu pernah mengingat setiap perkataan dan perbuatanmu pada orang lain?
Apa kamu pernah merasa apa yang di rasakan oleh orang lain atas tindakan mu?

Aku,
Aku yang selalu memperhatikanmu..
Aku yang selalu memikirkan setiap langkah atas tindakanmu..
Aku yang selalu mengingat masa dimana kita pernah bersama..
Aku yang selalu merasa bahwa kamu selalu ada dalam hatiku..

Aku tahu..
Untukmu ini adalah hal yang biasa.. tapi, tidak untukku..
Tidak untuk semua hal yang kau berikan kepadaku..
Adalah hal yang luar biasa karena kau yang selalu ada dalam tiap doa ku..
Adalah hal terindah setiap kau ada dalam bisikan kalbuku..

Lalu..
Untukmu ini biasa..?