Perkembangan Teknologi Komunikasi

Standard

– Ilmu Alamiah Dasar –

 

Nama : Miftahul Janah

NPM : 113024

Manajemen Bandar Udara

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang telah di berikan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Dalam makalah ini penulis membahas mengenai “Perkembangan teknologi komunikasi”.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

 

 

 

Penulis

 

Miftahul Janah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1                  Umum

Manusia termasuk dalam makhluk sosial karena pada kenyataannya manusia selalu membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup. Manusia selalu berhubungan dengan antar sesamanya. Hubungan tersebut bisa dinamakan dengan komunikasi. Maka pengertian media komunikasi dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk komunikasi. Pengertian media komunikasi ini sebagai alat bantu atau sarana yang digunakan untuk kelancaraan komunikasi. Oleh karena itu, manusia dapat mengadakan hubungan komunikasi dengan manusia lain tanpa bertemu, misalkan dengan berbicara dengan manusia yang lainnya (Soerjono, 1982: 58). Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku (Rochajat, 2011:20). Komunikasi dapat berlangsung dari mana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

1.2  Tujuan penulisan

1.  Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

2.  Meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa atas kebesaran-Nya.

3. Memperdalam materi tentang perkembangan teknologi komunikasi.

1.3  Rumusan masalah

1.  Bagaimana perkembangan teknologi komunikasi ?

2.  Aspek apa saja yang berpengaruh dari perkembangan teknologi komunikasi ?

3. Bagaimana cara mengahadapi perkembangan teknologi komunikasi?

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

  1. 1.       Sejarah Teknologi Komunikasi

 

Teknologi Komunikasi diawali sejarah manusia seperti ditemukannya bahasa lisan dan bahasa tulisan dalam bentuk photographs yang ditulis pada dinding gua-gua. Menurut Alvin Toffler, tiga gelombang peradaban manusia terdiri dari era pertanian, industri dan era informasi / komunikasi :

 

  1. Gelombang pertama (800 SM-1500 M) adalah gelombang pembaruan dimana manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian yaitu manusia berubah dari kebiasaan berpindah-pindah yang menetap disatu tempat.
  2. Gelombang kedua (1500 M-1970 M) adalah masyarakat industri, sebagai “manusia ekonomis”  yang rakus yang baru lahir dari Renaissance (pencerahan di Eropa).
  3.  Gelombang ketiga (1970-2000 M) adalah masyarakat informasi dengan ciri-ciri: Kelangkaan bahan bakar fosil, kembali ke energi yang dapat diperbaharui, Proses produksi yang cenderung menjadi produksi massa yang terkonsentrasi, Terjadinya deurbanisasi dan globalisasi karena kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

 

Era Komunikasi dan Informasi masa puncaknya era komunikasi dan informasi akan segera tercapai 10-20 tahun kedepan. (Open Society) Struktur Masyarakat Terbuka/umumnya para anggota masyarakat berusaha dan bekerja keras untuk menaikkan statusnya didalam masyarakat. Mereka bersaing dan bekerjasama untuk dapat naik ke lapisan atas berikutnya sesuai dengan sistem kompetisi dan korporasi yang sudah dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

 

Tidak ada seorangpun didunia ini yang bisa melepaskan diri dari komunikasi. Bahkan dalam keadaan diam pun, tanpa kita sadari kita mengkomunikasikan sesuatu dari berbagai macam hal, bisa saja dari sikap tubuh, mimic wajah, helaan nafas, baju yang dikenakan, atau apapun itu. Terkadang, sepintar apapun sebuah pemikiran, sejenius apapun ide dalam memecahkan suatu masalah, akan menjadi sia-sia jika tidak mampu menyampaikannya dengan baik. Begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan manusia meliputi aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya, termasuk teknologinya.

 

  1. 2.       Pengaruh Teknologi Komunikasi Ditinjau Dari Berbagai Aspek

 

  1. Aspek Ekonomi

Menggunakan handphone untuk melancarkan transaksi ekonomi. Itu hal yang sudah biasa dilakukan hampir semua orang didunia. Tetapi penggunaan smartphone dan pc tablet seperti Ipad mempunyai banyak pengaruh. Pengaruh perkembangan teknologi yang sudah demikian maju ini membuat orang-orang kini memiliki kantor pribadinya sendiri-sendiri. Hanya dengan bermodalkan dari smartphone seperti  BB atau Android yang dapat melakukan segalanya, ibarat memiliki kantor sendiri. Ingin promosi, ada jejaring sosial yang bisa diakses 24 jam lewat gadget. Mau transaksi pembayaran, ada fasilitas e-banking yang tersedia disetiap bank. Mau mencari informasi atau peluang bisnis, sudah dapat terkoneksi dengan internet tanpa henti dengan smartphone yang dimiliki.

 

  1. Aspek Politik

Pemanfaatan yang paling dekat dengan kehidupan politik tentu saja teknologi penghitungan suara “quick count”. Dengan sistematika penghitungan yang terkoordinasi, hasil bayangan penghitungan ratusan juta suara itu bisa dilihat dan diprediksi dalam waktu relative cepat. Yang kedua adalah penggunaan teknologi real time video conference dimana pertemuan atau rapat bisa dilangsungkan ditempat dan waktu yang berbeda, dengan menggunakan teknologi video camera. Teknologi ini seharusnya bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat politik negara. Namun entah karena alasan apa, penggunaan teknologi ini tidak dapat dimaksimalkan.

 

  1. Aspek Sosial dan Budaya

Dalam kehidupan sosial, Tidak perlu diragukan dampaknya, bahkan perkembangan teknologi telah merasuk dalam ranah budaya. Budaya masyarakat yang tadinya beramah tamah, basa-basi, dan lain-lain mendadak berubah setelah mengenal teknologi seperti jejaring sosial : Blog, facebook, twitter, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan segala kemudahan dari smartphone seperti BB dan Android. Hal tersebut membuat anak-anak atau bahkan sebagian orang dewasa menjadi acuh dengan lingkungan sekitar (karena sibuk dengan gadget-nya). Perubahan budaya membaca juga telah berubah menjadi budaya online, dimana online atau surfing internet menjadi suatu keharusan minimal beberapa jam dalam sehari.

 

  1. 3.       Dampak dari perkembangan media komunikasi

 

Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Setiap orang memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun di dunia ini. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang berkembang.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.

Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang yaitu :

1.            Bidang Informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

  • Lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  • Dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
  • Mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
  • Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
  • Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
  • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  •  Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya.
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar.
  • Kurangnya ruang privasi.

2.            Bidang Pendidikan

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

 

  1.  Pada Kebudayaan

 

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

 

Teknologi komunikasi dapat mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya. jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya. Orang itu akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan seorang teman atau kenalan yang ada di dunia maya itu. Bahkan bisa saja melupakan aktifitas yang harus dijalaninya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, akan memunculkan masalah terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah yang ada di bangsa kita sendiri.

Memang dengan berkembangnya teknologi ini kita bisa belajar hal-hal positif yaitu mencari informasi yang ada dan yang kita butuhkan. Seperti dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dari negara lain. tetapi perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif. Dampak negatifnya saya akan memberi contoh dari kalangan remaja Indonesia di mana para remaja cenderung meniru kebudayaan dari negara lain. Misalnya pada akhir-akhir ini remaja cenderung sangat menyukai kebudayaan dari Korea bahkan para remaja sangat mengerti betul seluk beluk dari kebudayaan tersebut mulai dari makanan tradisional, tari-tarian tradisional hingga sejarah dari negara tersebut. Bahkan kebanyakan dari mereka lebih mengenal tokoh-tokoh penting di negara tersebut di banding tokoh-tokoh penting yang ada di negaranya sendiri. Jika pengaruh-pengaruh tersebut dibiarkan, Moral generasi bangsa menjadi rusak, selain itu rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat menjadi berkurang. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing.

Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang  ada saat ini. Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi komunikasi ini yang dapat membantu dan mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. selain memberikan kebebasan untuk mengakses informasi sebanyak-banyaknya akan tetapi tetap ada ruang bagi masyarakat untuk melakukan pilihan-pilihan secara selektif sesuai kepentingan kebutuhan masyarakat. Disinilah peran semua pihak untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang negatif pada perkembangan teknologi pada saat ini.

Agar dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dengan benar maka :

1.     Gunakan teknologi yang dikuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata.

2.    Jika ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah gathering.

3.        Harus pintar memilah-milah yang mana informasi yang baik dan yang buruk.

4.        Harus kritis dalam menerima dan memberikan informasi.

5.        Gunakan teknologi sesuai dengan kadar pemakaiannya saja, sehingga tidak terlarut dalam hal-hal yang serba mudah dan cepat.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s