Category Archives: knowledge

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Standard

– Ilmu Alamiah Dasar –

 

Nama : Miftahul Janah

NPM : 113024

Manajemen Bandar Udara

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang telah di berikan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Dalam makalah ini penulis membahas mengenai “Perkembangan teknologi komunikasi”.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

 

 

 

Penulis

 

Miftahul Janah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1                  Umum

Manusia termasuk dalam makhluk sosial karena pada kenyataannya manusia selalu membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup. Manusia selalu berhubungan dengan antar sesamanya. Hubungan tersebut bisa dinamakan dengan komunikasi. Maka pengertian media komunikasi dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk komunikasi. Pengertian media komunikasi ini sebagai alat bantu atau sarana yang digunakan untuk kelancaraan komunikasi. Oleh karena itu, manusia dapat mengadakan hubungan komunikasi dengan manusia lain tanpa bertemu, misalkan dengan berbicara dengan manusia yang lainnya (Soerjono, 1982: 58). Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku (Rochajat, 2011:20). Komunikasi dapat berlangsung dari mana saja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

1.2  Tujuan penulisan

1.  Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

2.  Meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa atas kebesaran-Nya.

3. Memperdalam materi tentang perkembangan teknologi komunikasi.

1.3  Rumusan masalah

1.  Bagaimana perkembangan teknologi komunikasi ?

2.  Aspek apa saja yang berpengaruh dari perkembangan teknologi komunikasi ?

3. Bagaimana cara mengahadapi perkembangan teknologi komunikasi?

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

  1. 1.       Sejarah Teknologi Komunikasi

 

Teknologi Komunikasi diawali sejarah manusia seperti ditemukannya bahasa lisan dan bahasa tulisan dalam bentuk photographs yang ditulis pada dinding gua-gua. Menurut Alvin Toffler, tiga gelombang peradaban manusia terdiri dari era pertanian, industri dan era informasi / komunikasi :

 

  1. Gelombang pertama (800 SM-1500 M) adalah gelombang pembaruan dimana manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian yaitu manusia berubah dari kebiasaan berpindah-pindah yang menetap disatu tempat.
  2. Gelombang kedua (1500 M-1970 M) adalah masyarakat industri, sebagai “manusia ekonomis”  yang rakus yang baru lahir dari Renaissance (pencerahan di Eropa).
  3.  Gelombang ketiga (1970-2000 M) adalah masyarakat informasi dengan ciri-ciri: Kelangkaan bahan bakar fosil, kembali ke energi yang dapat diperbaharui, Proses produksi yang cenderung menjadi produksi massa yang terkonsentrasi, Terjadinya deurbanisasi dan globalisasi karena kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

 

Era Komunikasi dan Informasi masa puncaknya era komunikasi dan informasi akan segera tercapai 10-20 tahun kedepan. (Open Society) Struktur Masyarakat Terbuka/umumnya para anggota masyarakat berusaha dan bekerja keras untuk menaikkan statusnya didalam masyarakat. Mereka bersaing dan bekerjasama untuk dapat naik ke lapisan atas berikutnya sesuai dengan sistem kompetisi dan korporasi yang sudah dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

 

Tidak ada seorangpun didunia ini yang bisa melepaskan diri dari komunikasi. Bahkan dalam keadaan diam pun, tanpa kita sadari kita mengkomunikasikan sesuatu dari berbagai macam hal, bisa saja dari sikap tubuh, mimic wajah, helaan nafas, baju yang dikenakan, atau apapun itu. Terkadang, sepintar apapun sebuah pemikiran, sejenius apapun ide dalam memecahkan suatu masalah, akan menjadi sia-sia jika tidak mampu menyampaikannya dengan baik. Begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan manusia meliputi aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya, termasuk teknologinya.

 

  1. 2.       Pengaruh Teknologi Komunikasi Ditinjau Dari Berbagai Aspek

 

  1. Aspek Ekonomi

Menggunakan handphone untuk melancarkan transaksi ekonomi. Itu hal yang sudah biasa dilakukan hampir semua orang didunia. Tetapi penggunaan smartphone dan pc tablet seperti Ipad mempunyai banyak pengaruh. Pengaruh perkembangan teknologi yang sudah demikian maju ini membuat orang-orang kini memiliki kantor pribadinya sendiri-sendiri. Hanya dengan bermodalkan dari smartphone seperti  BB atau Android yang dapat melakukan segalanya, ibarat memiliki kantor sendiri. Ingin promosi, ada jejaring sosial yang bisa diakses 24 jam lewat gadget. Mau transaksi pembayaran, ada fasilitas e-banking yang tersedia disetiap bank. Mau mencari informasi atau peluang bisnis, sudah dapat terkoneksi dengan internet tanpa henti dengan smartphone yang dimiliki.

 

  1. Aspek Politik

Pemanfaatan yang paling dekat dengan kehidupan politik tentu saja teknologi penghitungan suara “quick count”. Dengan sistematika penghitungan yang terkoordinasi, hasil bayangan penghitungan ratusan juta suara itu bisa dilihat dan diprediksi dalam waktu relative cepat. Yang kedua adalah penggunaan teknologi real time video conference dimana pertemuan atau rapat bisa dilangsungkan ditempat dan waktu yang berbeda, dengan menggunakan teknologi video camera. Teknologi ini seharusnya bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat politik negara. Namun entah karena alasan apa, penggunaan teknologi ini tidak dapat dimaksimalkan.

 

  1. Aspek Sosial dan Budaya

Dalam kehidupan sosial, Tidak perlu diragukan dampaknya, bahkan perkembangan teknologi telah merasuk dalam ranah budaya. Budaya masyarakat yang tadinya beramah tamah, basa-basi, dan lain-lain mendadak berubah setelah mengenal teknologi seperti jejaring sosial : Blog, facebook, twitter, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan segala kemudahan dari smartphone seperti BB dan Android. Hal tersebut membuat anak-anak atau bahkan sebagian orang dewasa menjadi acuh dengan lingkungan sekitar (karena sibuk dengan gadget-nya). Perubahan budaya membaca juga telah berubah menjadi budaya online, dimana online atau surfing internet menjadi suatu keharusan minimal beberapa jam dalam sehari.

 

  1. 3.       Dampak dari perkembangan media komunikasi

 

Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Setiap orang memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun di dunia ini. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang berkembang.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.

Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang yaitu :

1.            Bidang Informasi dan komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

  • Lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  • Dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
  • Mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
  • Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
  • Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
  • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  •  Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya.
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar.
  • Kurangnya ruang privasi.

2.            Bidang Pendidikan

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptlah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

 

  1.  Pada Kebudayaan

 

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

 

Teknologi komunikasi dapat mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya. jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya. Orang itu akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan seorang teman atau kenalan yang ada di dunia maya itu. Bahkan bisa saja melupakan aktifitas yang harus dijalaninya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, akan memunculkan masalah terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah yang ada di bangsa kita sendiri.

Memang dengan berkembangnya teknologi ini kita bisa belajar hal-hal positif yaitu mencari informasi yang ada dan yang kita butuhkan. Seperti dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dari negara lain. tetapi perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif. Dampak negatifnya saya akan memberi contoh dari kalangan remaja Indonesia di mana para remaja cenderung meniru kebudayaan dari negara lain. Misalnya pada akhir-akhir ini remaja cenderung sangat menyukai kebudayaan dari Korea bahkan para remaja sangat mengerti betul seluk beluk dari kebudayaan tersebut mulai dari makanan tradisional, tari-tarian tradisional hingga sejarah dari negara tersebut. Bahkan kebanyakan dari mereka lebih mengenal tokoh-tokoh penting di negara tersebut di banding tokoh-tokoh penting yang ada di negaranya sendiri. Jika pengaruh-pengaruh tersebut dibiarkan, Moral generasi bangsa menjadi rusak, selain itu rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat menjadi berkurang. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing.

Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang  ada saat ini. Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi komunikasi ini yang dapat membantu dan mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. selain memberikan kebebasan untuk mengakses informasi sebanyak-banyaknya akan tetapi tetap ada ruang bagi masyarakat untuk melakukan pilihan-pilihan secara selektif sesuai kepentingan kebutuhan masyarakat. Disinilah peran semua pihak untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang negatif pada perkembangan teknologi pada saat ini.

Agar dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dengan benar maka :

1.     Gunakan teknologi yang dikuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata.

2.    Jika ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah gathering.

3.        Harus pintar memilah-milah yang mana informasi yang baik dan yang buruk.

4.        Harus kritis dalam menerima dan memberikan informasi.

5.        Gunakan teknologi sesuai dengan kadar pemakaiannya saja, sehingga tidak terlarut dalam hal-hal yang serba mudah dan cepat.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Advertisements

Perlunya Sebuah Peta

Standard
peta

peta

 

Kali ini, mau berbagi cerita tentang perlunya sebuah peta.. hehehhe oke.. let’s read^^

Suatu hari, para eksekutif muda Skotlandia  pergi berlibur ke pinggir hutan. Mereka berlima sepakat untuk berlibur tanpa keluarga ke tempat yang tenang, sejuk, dan hijau. Dengan asik mereka bercengkrama. Sesekali saling menertawakan betapa bodohnya mereka saat-saat di kantor atau mereka saling ejek atas perilaku lucu mereka terhadap teman-temannya. yang jelas, tampak keceriaan di wajah kelima eksekutif muda itu. Namun, tiba-tiba cuaca menjadi gelap. Angin yang semula sepoi-sepoi berubah menjadi semakin keras. Bahkan, suara guntur diselingi kilat yang menyambar, mulai memekakkan telinga. Titik-titik air hujan mulai turun dan perlahan – lahan berubah menjadi deras.

Tak ayal mereka berebutan mencari tempat berteduh. Mulanya mereka mengambil tempat dibawah pohon besar dekat mereka. Namun, tampaknya tidak cukup untuk berlindung dari hujan yang cukup deras di pohon itu. Mereka pun mulai berlarian mencari tempat berlindung yang lebih baik.

Salah seorang dari eksekutif muda itu “yang paling berani” menemukan gua di tengah hutan dan mengajak para sahabatnya untuk masuk ke gua. Setelah yakin bahwa gua itu aman dari binatang buas atau ular, maka masuklah mereka berlima ke dalam gua itu untuk berteduh.

Hujan turun semakin deras. Mereka pun semakin masuk kedalam gua yang semakin gelap. Mendadak terdengar suara gemuruh. Tiba-tiba pintu gua yang tadinya terbuka lebar tertutup bongkahan batu besar. Dengan terkejut mereka kembali mendekati pintu gua dan berusaha mendorong bongkahan batu keluar. Bersusah payah mereka berupaya membuka pintu gua itu. Nampaknya bongkahan batu besar itu memang terlalu besar untuk dapat didorong oleh tenaga mereka berlima. jangankan terbuka, sedikit pun batu besar itu tidak tergeser.

Semangat untuk membuka pintu gua akhirnya padam. Mereka mencari akal untuk melihat ke dalam gua lebih jauh. Barangkali saja mereka menemukan pintu gua di sisi lainnya. Eksekutif muda ini mulai berpencar dan mencoba mencari jalan keluar. Meski telah dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berpencar ke segala arah, namun usaha ini pun gagal.

Berbagai cara lain yang terpikirkan pun terus diupayakan. tetap saja, pintu gua tidak terbuka dan jalan keluar lain juga tidak ditemukan. Akhirnya mereka berkumpul di tengah kelelahan. Mulanya mereka masih mendiskusikan upaya-upaya mencari jalan keluar. Lama-kelamaan mereka mulai saling menyalahkan. Mengapa harus berteduh dalam gua ini . Ada yang mempertanyakan mengapa berlibur ke pinggir hutan. Suasana tidak hanya menjadi suram dan menyedihkan, tapi juga menyiratkan keputus asaan.

Ditengah keputusasaan itu, salah seorang eksekutif muda yang pemberani tiba-tiba berteriak. “lihat, lihat kemari ! ” serunya. ” aku memiliki peta gua ini,” katanya sambil memperlihatkan kertas seperti peta yang ada di tangannya. Dengan penuh keyakinan pemuda ini menunjukan peta yang di pegangnya kepada keempat kawannya yan lain.

Suasana pun menjadi ramai. ” Mana, mana aku mau lihat ! ” kata pemuda penakut yang sejak tadi hanya menangis. ” sudah, yang penting mari kita baca peta itu,” sambut pemuda yang lain. Mereka berkerumun melihat peta yang ada di tangan si pemberani.

Beberapa saat kemudian, mereka berdiskusi berusaha menafsirkan peta yang ada. Dengan keyakinan kuat mereka mulai menelusuri petunjuk dalam peta itu. para eksekutif muda itu berjalan perlahan-lahan dengan keyakinan yang mantap dan perasaan gembira mengikuti arah peta. Dengan beberapa kali kesalahan dan langkah-langkah memutar, akhirnya mereka menemukan pintu lain dari gua itu. Udara di luarpun sudah terang dan huna telah berhenti.

Dengan gembira mereka mengangkat beramai-ramai si pemilik peta. Beruntunglah mereka. Coba kalau si Pemberani tidak memiliki peta itu, niscaya mereka akan terkurung dalam gua dan mati kelaparn. Semakin mereka mengingat keadaan mereka di dalam gua semakin gembiralah mereka.

Si pemilik peta tiba-tiba tergerak melihat kembali peta yang tadi mereka gunakan. Ia terkejut, karena peta itu, ketika dibaca di luar gua yang terang, hanyalah foto keluarganya yang basah terkena air hujan, sehingga tampak sebuah peta. Itu bukan peta, hanya foto yang basah dan luntur yang terlihat seperti peta. Ketika si pemberani menunjukkan foto itu kepada keempat kawannya, mereka semua tertegun bingung. Mereka termenung lama. Meski akhirnya tetap pulan dengan bergembira.~

Sengaja aku nge-share cerita ini. Cerita ini aku ambil dari salah satu cerita dari buku kesukaan aku yang di karang oleh DR. Mulyanto dalam buku “kisah-kisah teladan untuk keluarga”. Nah dari cerita ini, sebenarnya manfaat yang dapat di ambil itu adalah belajar untuk yakin! dengan mempunyai keyakinan hal sesulit apapun dapat kita lalui dengan baik^^

Tips vacation

Standard
candi borobudur

candi borobudur

nah.. karena kemarin abis move ke borobudur, prambanan dan lain-lain.. aku kasih tips nih buat kamu-kamu yang mau vacation kesana atau tempat-tempat liburan lainnya..

1. Baju. kalau jalan-jalan tentunya pakai pakaian yang santai aja ga perlu resmi,,^^ jadi pakai aja baju yang berbahan penyerap keringat tinggi seperti t-shirt.. boleh kok pakai dress tapi dress yang untuk jalan-jalan santai yah jangan yang mau ala ke pesta gityu,, nanti kamu sendiri yang ribet dan saltum juga sih^^

2. Tas. namanya juga jalan-jalan jadi jangan memperibetkan hal-hal yang seharusnya simple.. contohnya tas pakai aja tas yang nyaman sama kamu, tas tangan yang simple atau back pack gitu.. ransel lah.. kalau kamu pakai tas tangan yang emang ngikutin postur badan kamu dan sehati sama tangan kamu soalnya dari pada ribet bawanya,,

3. Sepatu.. pakai sepatu kets juga oke,, selain bisa buat lari-larian, terhindar dari kepanasan, enak buat jalan,, kalau menurut aku nih yah sebagai cewe pasti mau tampil cantikkan yah don’t worry honey.. kamu ga perlu ribet pakai wedges atau hak tinggi lainnya.. iya sih ex : wedges itu terlihat kamu lebih tinggi, berbadan profesional, dan modis serta menampilkan aura kecantikan kamu.. but, you look beautiful if you think beautiful. asal kamu nyaman yah pakai aja tapi, kalau cuma mau terlihat (gaya) yang ada malah dikira mau ke catwalk lagi hahhaha.. sebagai perempuan aku juga pakai wedges kok cuma tergantung tempat aja say.. nah kalau kamu jalan-jalan. misalnya yang berbukit atau dataran tinggi.. i guess don’t wear wedges.. soalnya nanti kamu kecapean say.. yang ada nanti malah pegal sendiri ga seru dong kalau sebentar2 duduk. hehehe.. pakai aja sendal teplek / sepatu teplek yang sesuai baju atau berbentuk lucu,, itu akan membuatmu terlihat menarik juga kok^^

4. Lihat keadaan. nah maksudnya kalau daerah yang akan kamu kunjungi ini daerah yang panas.. kamu bawa aja sunglasses biar mata kamu ga silau karana sinar matahari,, bawa payung juga biar kamu tidak kepanasan. apalagi yang daerahnya emang bersahabat dengan hujan.. wah penting tuh bawa payung.

5. Bawa air putih. biar kamu ga kehausan dong^^ ga lucu kan di tempat rekreasi sibuk cari minum..

6. Peta. hahahhaha jaman sekarang pakai peta kan ada google maps, ada GPS masih jaman sob? hello.. iya dong peta itu penting untuk kamu yang tidak tahu atau kurang tahu daerah tempat liburan kamu.. oke teknologi udah canggih but, sewaktu-waktu ada masalah yah manual lah yang ga kalah better hahahha.. dalam dunia penerbangan peta itu penting loh, untuk FOO, untuk pilot tanpa peta gimana mau tau fuell atau destinasinya.. nah apalagi kamuyang ga tau daerahnya.. buat jaga-jaga bawalah si peta..

7.  Kamera. wah penting banget bawa kamera.. kan untuk mengabadikan kenangan so sweet kamu.. hahahha buat kamu-kamu yang narsis bawa deh kamera.. *tenang gue juga narsis sob hahaha

8. Kamus.  kalau kamu pergi ke luar negeri,, bawa kamus deh.. mau kamus berbentuk buku atau kamus elektronik.. pokoknya bawa ! sewaktu-waktu pasti berguna.

9. Notes. kamu harus punya catatan-catatan penting misalnya nomer kendaraan, kalau sewaktu-waktu kamu nyasar kamu tinggal telepon kendaraan misalnya taxi.. jadi kamu bisa langsung move dari tempat kamu yang kesasar itu.

10. Uang. bawa uang deh uang yang receh-receh juga gapapa dari pada cuma bawa atm takutnya kalau tempat yang kamu kunjungi ga ada atm nah loh,, ribet cari atm dulu..

yah mungkin itu aja tips untuk yang mau berlibur.. wehehehhe happy holiday guys..

Ketika Allah Berkata -Tidak-

Standard

kali ini mau ngebahas tentang tulisan di mading kampus..
awalnya iseng sih mau ngebaca-baca aja, tapi mungkin karena lagi merasa jadi efek dari tulisan ini berkesan banget~

oke gini isi tulisannya :

– When Allah Sayying NO –

Ya allah ambillah “kesombonganku” dariku
Allah berkata : Tidak. bukan aku yang mengambil, tapi kau yang harus menyerahkannya.

Ya allah sempurnakanlah adikku yang “cacat”
Allah berkata : Tidak. jiwanya telah sempurna, tubuhnya hanyalah sementara.

Ya allah beri aku “kesabaran”
Allah berkata : Tidak. kesabaran di dapat dari ketabahan dalam menghadapi cobaan. tidak untuk di berikan, kau harus meraihnya sendiri.

ya allah beri aku “kebahagiaan”
Allah berkata : Tidak. kuberi keberkahan, kebahagiaan tergantung kepadamu sendiri untuk menghargai keberkahan itu.

ya allah jauhkan aku dari “kesusahan”
Allah berkata : Tidak. penderitaan menjauhkanmu dari jerat duniawi dan mendekatkanmu pada Ku.

ya allah berikan aku segala hal yang menjadikan hidup ini “nikmat”
Allah berkata : Tidak. aku beri kau kehidupan supaya kau menikmati segala hal.

ya allah Bantu aku menCintai orang lain, sebesar Cinta Mu padaku
Allah berkata… Akhirnya kau mengerti 🙂

nah terkadang kita berfikir kalau allah itu tidak adil. kita sudah bersusah payah memanjatkan doa, meminta dan berusaha. entah itu pagi, siang, sore ataupun malam, tapi tidak ada hasilnya~
kita mengharapkan di beri pekerjaan, puluhan hingga ratusan lamaran telah kita kirimkan tapi tak ada jawaban 1 pun..
lalu ada pula orang lain yang dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan.
kita sudah bersusah payah agar mendapatkan jabatan, tapi justru orang lain lah yang mendapatkannya tanpa susah payah 😛

kita mengharapkan diberi pasangan hidup yang baik dan sesuai, tapi malah berakhir dengan penolakkan dan kegagalan.
Orang lain dengan mudah berganti pasangan sedangkan kita tidak..
kita menginginkan harta berkecukupan, namun kebutuhanlah yang terus meningkat..

emmm coba kita sama-sama bayangkan diri kita ini seperti anak kecil yang sedang demam dan pilek, lalu kita (anak kecil) melihat tukang es lewat di depan rumah. nah, kita yang sedang panas badannya merasa haus dan merasa bahwa dengan meminum es itu dapat mengobati rasa demamnya (maklum anak kecil). lalu kita meminta pada orang tua kita ( seperti kita memohon berdoa kepada Allah) dan merengek minta di belikan es. orang tua kita tentu lebih tahu kalau es dapat memperparah penyakit kita. tentu dengan segala dalih kita tidak di belika es. orang tua kita tentu ingin kita sembuh dulu baru boleh minum es yang lezat itu. begitu pula dengan Allah, segala yang kita minta Allah tahu apa yang paling baik untuk kita. mungkin tidak sekarang atau tidak di dunia ini allah mengabulkannya. karena Allah tahu yang terbaik yang kita tidak tahu. Kita sembuhkan dulu diri kita sendiri dari “demam dan pilek” itu.. dan terus berdoa